“ Taiganja Di Ebay (Market Online) ”

Terjemahan : AK

Kuningan Antik  dan Langkah Suku Kaili
Koleksi Agustus ~ Ca. Ke-19 Cent. AD / Sulawesi Tengah / Indonesia , Item #: 40 2186
 Jenis :
Sebuah kuningan asli, liontin taiganja antik Dari Sulawesi Tengah, Palu, Kaili, Panona, Kulawi, Danau Poso masyarakat / Indonesia. Manik-manik Ini mungkin lebih tua dan asli dari perdagangan timur Tengah.
Asal :
Sulawesi Tengah (Celebes) / Indonesia
Usia :
ca. akhir ke-19 Cent. AD
Berat :
ca. 103,44 gram
Ukuran liontin :
Panjang / tinggi = ca. 6,06 cm = 2,38 inci
Width = ca. 4,79 cm = 1,88 inci
Kedalaman = ca. 1,46 cm
Ukuran kalung :
Manik-manik adalah berbagai macam dari ca. 5,2 mm sampai 11,6 mm diameter.
Panjang dari kalung (bagian manik) adalah 55 cm = 21,65 inci

Kondisi :
Sangat Baik Tidak ada kerusakan dan tidak ada perbaikan. Usia yang didapat tidak tersentuh dan asli.
Korosi dan keausan permukaan yang diharapkan adalah konsekuensi dari usia dan digunakan. Liontin dan manik-manik masih tegang dengan string asli.

Rincian :
Liontin kuningan berat dalam bentuk oval dasar terbuka dengan hiasan lengkung di bagian atas dan dua sisi, yang berasal dari Sulawesi Tengah disebut Taiganja.

Bentuk :
Bagian dalam oval terbuka yang dihiasi dengan bola kecil dan desain yang mewakili nasi matang: desain melengkung ke atas dalam lembaran adalah tanduk kerbau, menurut beberapa sumber (interpretasi taiganja) motif bervariasi banyak dari daerah ke daerah di bagian Sulawesi).

Motif desain Taiganja dikatakan untuk merayakan kesuburan, kemakmuran, dan kekebalan dari  kemalangan. Menurut museum nasional di Palu, taiganja memiliki berbagai fungsi: liontin ritual Hias, dikenakan oleh gadis-gadis di ikat kepala bagi remaja upacara mereka ritus-of-bagian; ornamen bagi seorang wanita bangsawan di pesisir Islamisasi tua raja-kapal dekat Palu; hadiah untuk memulai negosiasi untuk pembayaran kekayaan pengantin. Ini menggunakan dan interpretasi tampaknya berbeda-beda menurut kelas sosial di bagian Tengah Barat Sulawesi ,liontin ditemukan dalam jumlah yang banyak. Rumah Nobel di pesisir raja-kapal sering memiliki taiganja luar biasa sebagai bagian dari asasi (sifat Dasar)  mereka, harta rumah warisan. Taiganja telah dipertimbangkan memiliki kekuatan suci, mereka harus ditempatkan secara aman di peti harta khusus,  jauh di dalam rumah.hanya dipakai  Pada  acara-acara ritual mereka seperti ritual seperti pernikahan, taiganja dipakai sebagai liontin, seperti rantai emas atau kalung koin emas. Menurut beberapa informasi 1963, taiganja tidak lagi dibuat. Mereka tampaknya telah menjadi bagian dari tembaga dan kuningan tua = pekerja industri berpusat di Barat Sulawesi Tengah yang menghasilkan taiganja, sanggori, dan tau-tau patung-patung manusia.

Bibliografi
- POWER dan GOLD, Perhiasan dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina dari Koleksi dari Barbier-Mueller Museum, Jenewa, Susan Rodgers, Pierre-Alain Ferrazzini, Prestel-Verlag 1988.

Berbagai Foto Taiganja :
Konotasi kesuburan, paduan emas , Sulawesi , abad ke-19 atau sebelumnya
Terdapat Di " The Metropolitan Museum Of Art

konotasi kesuburan, paduan tembaga, Sulawesi, abad ke-19 atau sebelumnya





Amulet (Tai Ganja). Kuningan. Abad 19 sampai awal abad 20. Pulau Sulawesi, Indonesia.
Dipakai sebagai jimat pelindung, dijahit pada pakaian dan topi dan sering mewakili burung atau motif serangga.


Bronze pendant taiganja, Kulawi, Sulawesi, Indonesia early 20th century , length 6 cm, weight 45 gr.