Karya musik, Cerita dan harap


Perkembangan atau proses-proses karya-karya musik didaerah khususnya kota palu merupakan manifestasi dari trans genre yang masuk baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudahan yang kita dapatkan saat ini membuat kita dapat mengakses segala jenis aliran musik.  Merupakan suatu pencapaian tersendiri oleh setiap pencipta karya musik yang dimana oleh musisi itu sendiri berlaku baginya ruang-ruang apresiatif atas ide-ide dan kegelisahannya. Perspektif lainnya yakni ketertarikan aliran musik berdasarkan klasifikasi umur tetap berlaku, juga klasifikasi berdasarkan lingkungan. lebih lanjut lagi sebuah kewajaran apabila seseorang  harus melalui tahapan panjang dalam mempelajari musik ataupun dalam menjadi seorang penikmat segala jenis musik. Tidak banyak orang yang langsung dilahirkan dalam lingkungan musik tertentu, Tapi seseorang tidak juga akan tertutup dengan kemungkinan mendengarkan atau menyukai jenis aliran musik lainnya. Semua hal tersebut dan hal-hal lainnya bisa di katakan mempengaruhi latar belakang seseorang dalam membuat karya musik. Ariel peterpan saja harus memiliki mimpi yang sempurna untuk memahami bahwa tak ada yang abadi.


Catatan diatas sebenarnya hanyalah beberapa persoalan atau alasan yang menjadi pertimbangan, mengapa hanya segelintir orang di kota palu yang mau terjun berkreasi dengan musik tradisi, apalagi mau secara serius dan melakukan kajian-kajian konseptual dalam mencipta karya musik yang berbasis tradisi. Kegelisahan yang sudah lama bahwa di tengah masuknya berbagai macam budaya dan juga tuntutan industri musik, keseimbangan atas musik populer dengan musik tradisi yang memuat nilai-nilai kearifan lokal belumlah menjadi sebuah keperluan yang urgen, padahal saat ini menjadi penting dengan memberikan identitas budaya terhadap karya-karya terbaik anak daerah sebagai usaha membangun daerahnya di tengah persaingan nasional maupun internasional.

Pada masa sekarang sebenarnya kita sudah dapat bersyukur karena Tradisi dengan modernisasi tidak lagi menjadi saingan akan tetapi mampu bersanding. Pertunjukan tradisional yang tentu saja pernah akrab dengan masyarakatnya kinipun di Indonesia banyak konsep-konsepnya yang di garap  kedalam sebuah pertunjukan dengan mengangkat nilai kearifan lokal suatu daerah tertentu. Di palu ini karya yang diangkat dari spirit tradisi Kaili misalnya, sebut saja konsepsi tentang hubungan manusia dengan tuhan yg terdapat dalam nyanyian-nyanyian yang berupa mantra untuk memohon kepada sang pencipta’gane’, atau dalam hubungan manusia dengan manusia lainnya terdapat ‘dade ndate’ sebagai nyanyian pembawa berita dalam masyarakatnya, Telah dikreasi kedalam beberapa pertunjukan. Namun  Kesenian yang memiliki keunikan tersendiri dan hanya ada didaerah kita ini, belum memiliki ruang-ruang dan faktor penunjang yang cukup sebagai kesenian yang perlu dilestarikan, apalagi sebagai kesenian yang dapat di kreasi dan di kembangkan oleh musisi lokal generasi muda kita untuk dapat menemukan identitas lokal yang hampir hilang dari perkembangan kesenian khususnya musik populer di Indonesia, bahkan kesenian tradisi banyak yang hanya dijadikan pertunjukan penyambutan/ceremony apabila ada tamu-tamu penting dan atau pejabat negara yang berkunjung ke daerah, dan hanya sebagian kecil yang berkarya untuk misi kebudayaan.

Di sisi lain khususnya dalam berkarya musik, Trans budaya dalam penciptaan karya musik di Indonesia dalam keadaan yang kurang menguntungkan untuk seniman yang bergelut dengan tradisi. Musik melayu yang di usung kedalam band-band populer tingkat nasional juga masih mendapatkan perdebatan yang serius, sebagai wacana perkembangan musik di nusantara. Belum lagi permasalahan dari musisi-musisi yang menutup diri dari kecenderungan-kecenderungan baru dalam karyanya untuk dapat diterima masyarakat, dan yang paling parah adalah masih terdapat proses kreatifitas dengan pendekatan yang asal hasil.

Maka menjadi sebuah harapan tersendiri tentunya untuk tetap melestarikan kesenian-kesenian tradisi daerah kita ini dengan Menanamkan identitas lokal bahkan nilai kearifan lokal pada karya-karya yang kemudian mengenalkannya kepada masyarakat banyak sehingga nantinya dapat menjadi suatu usaha membangun daerah melalui media pertunjukan seni budaya. Oleh sebab itu Mari kita dukung pejuang-pejuang Seni budaya di daerah kita ini untuk selalu terus berkarya.